Skip to main content

Fakta Atau Hoax Sebelum Gempa Ada Kilat dan Binatang Gelisah - Gempa Di Turki

Beberapa hari ini banyak beredar video fenomena sebelum terjadinya gempa bumi di Turki. Video tersebut menggambarkan kilat dan binatang seperti burung, anjing, kucing yang berperilaku aneh. Sebenarnya bukan kejadian di Turki saja video tersebut beredar. Ketika gempa di Cianjur pun demikian.

Faktanya antara kejadian sebelum gempa dan kilat yang saling menyambar di langit dekat kejadian, tidak selalu terjadi. Jadi benar kadang ada kilat sebelum terjadinya gempa. ini disebabkan bisa gerakan lempeng bumi membuat udara terpompa dan bergerak. Udara yang bergerak ini bisa memicu pembentukan kilat. Namun, hal ini sangat jarang terjadi dan hanya terlihat pada jarak yang sangat dekat dengan gempa bumi. Oleh karena itu, adanya kilat setelah gempa bumi hanyalah kebetulan saja dan bukanlah akibat langsung dari gempa bumi.




Fakta tentang binatang yang berperilaku aneh. Memang ada hewan lebih peka dibanding manusia. Ini karena gelombang suara antara manusia dan hewan yang berbeda. Terutama hewan kelelawar, burung, anjing, dan kucing. Mereka bisa merasakan kejadian sebelum gempa terjadi dikarenakan getaran, suara, dan perubahan geomagnetik, yang bisa mereka gunakan untuk merasakan tanda-tanda sebelum terjadinya gempa bumi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa spesies binatang, seperti anjing, kucing, kelelawar, dan burung, memiliki kemampuan untuk merasakan tanda-tanda gempa bumi sebelum terjadinya dengan tepat. Mereka bisa menunjukkan tingkah laku yang aneh seperti menjadi gelisah, bersembunyi, atau berkabung sebelum terjadinya gempa bumi.




Walaupun begitu, masih banyak hal yang belum diketahui tentang bagaimana binatang bisa merasakan tanda-tanda gempa bumi dan bagaimana mereka bisa memprediksinya. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memahami mekanisme ini dengan lebih baik dan mengevaluasi potensi binatang sebagai alat pemantau gempa bumi.




Comments

Popular posts from this blog

Tak Terasa

Tiba tiba ku terhentak oleh wewangian yang tak biasa. Begitu lembut semerbak namun tak menusuk hidung. Aku pun beranjak dari tidur ku, untuk mencari tahu asal wewangian itu. Dimana pun ku berada wangi itu tak menghilang. Selalu sama aromanya tercium. Penasaran ku coba keluar rumah, namun wangi itupun masih tetap tercium sama seperti ketika didalam rumah. Wangi yang tak biasa. Yang menimbulkan rasa rindu. Baru kali ini ku mencium wanginya. Dan sensasi wangi ini pun menimbulkan rasa sedih. Kesedihan yang tak ku tahu penyebabnya. Namun dibalik kesedihan itu, terbesit perasaan gembira yang teramat sangat. Dan aku pun kembali tak mengerti kegembiraan akan apa. Sejenak ku termenung mencoba mengerti akan apa yang baru saja aku alami. Kini hanya rasa syukur yang ada dalam benakku. Mungkin ini wangi surga pikirku. Ya, mungkin ini wangi surga. karena sebentar lagi ramadhan akan datang. Walau pintu surga belum terbuka. Tapi wanginya sudah turun ke bumi. Lamunku menyudahi pencarian itu. Tak terasa

Trending Topics Twitter Hari Ini

Hari ini nitizen Indonesia sedang ramai membicarakan tentang momen persatuan 212. Sehingga tagar #momenpersatuan212 merajai trending topics sejak hari selasa, 01 Desember 2020.  Ramainnya netizen Indonesia menyuarakan tagar ini, bukan lah tanpa sebab. karena tanggal 2 Desember beberapa tahun yang lalu. Umat Islam di Indonesia sempat mengadakan demo yang spektakuler. Dihadiri lebih dari jutaan manusia. Terlihat dari kerumunan manusia yang menyemut di sekitar monas. Pada saat itu berkumpul nya umat dikarenakan hot topics yang sangat meresahkan.  Jadi setiap tanggal 2 desember tagar 212 entah diikuti oleh kata apapun selalu merujuk pada momen tersebut. adapun trending topics yang hari ini 12 desember 2020 adalah sebagai berikut  #momenpersatuan212 Benny Wenda 2 Desember Nadin Banser dlsbg

Pemilu 2024 Baru Saja Usai

Pesta demokrasi rakyat Indonesia baru saja dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Pada tanggal 14 Februari 2024. Berdasarkan data quick count pemenangnya adalah paslon nomor urut 2.  Banyak yang menarik dari perhelatan pesta demokrasi 5 tahunan ini. Pada saat ini ada salah satu paslon menggunakan gaya kampanya yang berbeda. Yaitu sebuah acara dialog, antara paslon dan peserta. Disitu terjadi interaksi yang sangat bagus. Pemaparan visi dan misi dapat dijelaskan dengan gamblang. Acara ini tidak pernah sepi pesertanya. Diselenggarakan sebanyak 22 kali hampir seluruh pulau.  Kenapa penulis menganggap kampanye model seperti ini bagus. Karena kita dapat mengetahui seberapa pahamnya paslon akan visi dan misi yang akan dijalankan bila mereka terpilih. Ini sungguh menggugah kaum muda. Efek ini sungguh sangat dashyat karena k-popers yang kebanyakan adalah gen z. Tergugah untuk berpartisipasi. Dan acara kampanye ditutup dengan kampanye akbar. Disini juga sungguh briliant ideny