Saturday, September 19, 2020

Vaksin Covid-19 Benarkah Sudah Ditemukan?

Sudah banyak beredar berita tentang vaksin covid-19 atau corona telah ditemukan. Lalu bagaimanakah faktanya?
Bila kita cek di mesin pencarian Google.com ternyata berita tentang vaksin covid-19 ada ditemukan 31 jutaan lebih beritanya. Itu hanya membutuhkan waktu 0.54 second,


Ini artinya banyak orang ingin mencari tau dan perkembangan tentang vaksin covid-19 jelas sangat dinanti. Walau dari beberapa situs yang dicek ternyata isinya tidak melulu tentang vaksin yang sudah ditemukan.

Ada beberapa catatan kecil dari berita tentang Vaksin covid-19 ini. Antara lain:

1. Apakah vaksin pneumonia melindungi kita dari virus COVID-19?
Tidak. Vaksin pneumonia, seperti vaksin pneumokokus dan vaksin Haemophilus influenza tipe B (Hib), tidak memberi perlindungan terhadap virus corona baru. Virus ini sangat baru dan berbeda sehingga membutuhkan vaksin sendiri.

2. Apakah virus COVID-19 dapat dularkan oleh orang yang tidak memiliki gejala?
Saat ini WHO menilai bahwa risiko penularan dari seseorang yang tidak bergejala COVID-19 li sangat kecil kemungkinannya. Namun, banyak orang yang teridentifikasi COVID-19 hanya mengalami gejala ringan seperti batuk ringan, atau tidak mengeluh sakit, yang mungkin terjadi pada tahap awal penyakit.

3. Apakah virus COVID-19 sudah ditemukan obatnya?
Saat ini belum ada pengobatan khusus yang efektif untuk infeksi virus corona baru. Vaksin mungkin baru bisa tersedia 18 bulan ke depan (2021). 

Sejatinya memang membutuhkan waktu yang lama untuk membuktikan bahwa vaksin tersebut sangat efektif untuk menyembuhkan suatu penyakit. Perlu berkali kali ujicoba dan tidak pernah ada yang langsung berhasil pada percobaan pertama.

Jadi kita disarankan untuk mencegah agar tidak terkena virus corona. atau covid-19. adapun cara mencegah adalah :

1. Sering mencuci tangan dengan sabun. Bukan hanya mencuci tangan tapi ada aturan baku nya antara lain. mencuci di aliran air yang mengalir. gunakan sabun ketika mencuci tangan. Dan setiap sela sela jari harus dipastikan terkena sabun dan air yang mengalir tersebut. lalu di lap hingga kering dengan tisu basa.

2. Menggunakan masker. Penggunaan masker yang ideal adalah yang berlapis 3 (tiga) dan sering diganti. Bila menggunakan masker berbahan kain. harus diganti setiap hari. Dengan mencuci nya untuk digunakan kembali.

3. Hindari tempat kerumunan. Biasakan untuk tinggal didalam rumah dan tidak keluar bila tidak mendesak.

Jadi kesimpulannya vaksin covid-19 memang belum ada yang diklaim efektif untuk penyembuhan atau pencegahan. Hingga tulisan ini saya upload.Bisa jadi pas saya publish tulisan ini bisa berbeda.



No comments:

Post a Comment

Terima kasih yah udah mau komentar

Sunda Empire

Pagi ini tanggal 27 April 2021 di Twitter sedang trending topics Sunda Empire. Usut punya usut ternyata petinggi Sunda Empire akan bebas dar...